Hasil Pertandingan Euro 2020 Prancis vs Swiss: Skor 3-3 (Penalti 4-5)

BERITA BOLA INTERNATIONAL

Eg8Sport.comHasil Pertandingan Euro 2020 Prancis vs Swiss: Skor 3-3 (Penalti 4-5). Kejutan tersaji di babak 16 besar Euro 2020. Swiss yang dilabeli sebagai tim kuda hitam di laga kali ini berhasil mengalahkan salah satu kandidat juara, Prancis, melalui drama adu penalti usai bermain imbang 3-3 hingga masa extra time.

Satu hal yang tidak disangka dari Swiss di pertandingan kali ini adalah kemampuannya mengimbangi permainan Paul Pogba dkk. Terutama di babak pertama. Mereka pun unggul lebih dulu ketika pertandingan belum berlangsung setengah jam.

Tepatnya pada menit ke-15, Swiss berhasil mencetak gol lewat aksi Haris Seferovic. Sang penyerang menjebol gawang Prancis dengan memanfaatkan umpan silang terukur dari sisi kiri kotak penalti yang dilepaskan Steven Zuber. 1-0 buat Swiss.

Tentu, Prancis sudah mengupayakan segala cara untuk bisa mencetak gol penyama kedudukan. Sayangnya pertahanan rapat dari barisan lini belakang Swiss berhasil memaksa Antoine Griezmann putar otak berkali-kali.

Pada akhirnya, Prancis gagal membukukan gol hingga babak pertama berakhir. Swiss mampu mempertahankan keunggulan yang sirna di babak kedua. Tapi untuk sementara, skor masih 1-0 buat Swiss.

Babak Kedua

Pada babak kedua inilah, Prancis menunjukkan mentalitas pemenangnya. Pertama diawali oleh eksekusi penalti Ricardo Rodriguez yang berhasil dihentikan dengan baik oleh sang penjaga gawang, Hugo Lloris, di menit ke-55.

Selang dua menit, Prancis berhasil menyamakan kedudukan melalui aksi Karim Benzema. Kerja sama yang apik dengan Kylian Mbappe membuat penyerang Real Madrid tersebut mampu menghasilkan gol pertama Les Blues. 1-1.

Prancis tak butuh waktu lama untuk membalikkan skor. Tepat pada menit ke-69, Benzema kembali membubuhkan namanya di papan skor dengan memanfaatkan bola hasil tembakan Griezmann yang mampu dimentahkan Yann Sommer. 2-1 buat Prancis.

Kendati berhasil membalikkan kedudukan, nafsu Prancis untuk mencetak gol belum terpuaskan. Pada menit ke-75, Paul Pogba mendapatkan ruang tembak di luar kotak penalti dan tanpa segan menghujam gawang Swiss dari kejauhan. 3-1.

Walau tertinggal dua gol, Swiss masih belum menyerah. Haris Seferovic kembali mencetak gol di menit ke-81 dan memberikan secercah harapan buat Swiss untuk menciptakan keajaiban di laga ini. 3-2, semakin seru!

Keajaiban benar-benar terjadi! Swiss berhasil menyamakan kedudukan pada masa injury time berkat gol Mario Gavranovic yang masuk di babak kedua. Skor imbang 3-3 membuat kedua tim harus melanjutkan permainan ke babak extra time!

Extra Time

Kerugian yang dihasilkan di babak extra time mulai terlihat pada awal babak pertama. Tepatnya pada menit ke-94, Karim Benzema harus ditarik keluar untuk digantikan oleh Olivier Giroud lantaran mengalami cedera.

Semenit berselang, Prancis menebar ancaman lewat Benjamin Pavard. Pemain Bayern Munchen tersebut mendapatkan umpan silang terukur dan langsung melepaskan tembakan keras ke gawang Swiss. Sommer mampu menghalau tembakan itu.

Kedua tim tidak menghasilkan kejutan berarti di babak pertama extra time. Jika dilihat dari situasinya, sepertinya pertandingan bakalan berjalan sampai drama adu penalti. Untuk sementara, babak pertama berakhir dengan skor imbang 3-3.

Babak kedua dibuka dengan kesempatan emas yang gagal dimanfaatkan Mbappe. Tepatnya di menit ke-110, Pogba dengan visinya mengirim umpan terobosan ke Mbappe yang bebas dari pengawalan. Namun, ia gagal mengubah umpan itu menjadi gol. Sayang sekali!

Sundulan Giroud jelang akhir babak kedua extra time nyaris menjadi gol keempat Prancis. Untungnya, Sommer cukup sigap menghalaunya. Skor 3-3 belum berubah sehingga pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Adu Penalti

Swiss:

  • Mario Gavranovic – Gol
  • Fabian Schar – Gol
  • Manuel Akanji – Gol
  • Ruben Vargas – Gol
  • Admir Mehmedi – Gol

Prancis:

  • Paul Pogba – Gol
  • Olivier Giroud – Gol
  • Marcus Thuram – Gol
  • Presnel Kimpembe – Gol
  • Kylian Mbappe – Gagal

Susunan Pemain

Prancis (3-4-1-2): Hugo Lloris (c); Raphael Varane, Clement Lenglet (Kingsley Coman 46′ (Marcus Thuram 111′)), Presnel Kimpembe; Benjamin Pavard, Paul Pogba, N’Golo Kante, Adrien Rabiot; Antoine Griezmann (Moussa Sissoko 88′); Karim Benzema (Olivier Giroud 94′), Kylian Mbappe.

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez (Admir Mehmedi 87′); Silvan Widmer (Kevin Mbabu 73′), Remo Freuler, Granit Xhaka (c), Steven Zuber (Christian Fassnacht 79′); Xherdan Shaqiri (Mario Gavranovic 73′); Haris Seferovic (Fabian Schar 97′), Breel Embolo (Ruben Vargas 80′).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.